Sabtu, 22 Oktober 2011

Mengenal Obat Tradisional

Yeheee~~~
Tadi pagi baru aja ngumpulin tugas Fitokimia tentang obat tradisional. Dan ini dia hasilnya! Mungkin gak bakalan semuanya saya posting, cukup sebagian aja ya~~
Yang kira-kira penting untuk diketahui. ^^
Sebenernya apa sih yang dimaksud dengan Obat Tradisional? Check it out! :D

Yeheee~~~
I just collected the Phytochemical duties about Traditional medicine. And it`s the result! Perhaps I will not go posting all of them, but the important thing only~~
And now, we will talk about 'What is Traditional medicine???' Check it! :D

________________________________________________________________________________

Mengenal Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka



I.                PENGERTIAN
Jamu merupakan salah satu sediaan obat tradisional, sediaan obat tradisional yang lainnya adalah obat herbal terstandar dan sediaan fitofarmaka. Definisi masing-masing sediaan adalah sebagai berikut:


·         Jamu (Empirical based herbal medicine)
            Jamu adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman (data empirik). Klaim penggunaan sesuai dengan jenis pembuktian tradisional dan tingkat pembuktiannya yaitu tingkat pembuktian umum dan medium. Jenis klaim penggunaan harus diawali dengan kata-kata; "Secara tradisional digunakan untuk ......", atau sesuai dengan yang disetujui pada pendaftaran. (Sandhy, ED. 2008)

Jamu harus memenuhi kriteria :
a.       Aman sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan;
b.      Klaim khasiat dibuktikan berdasarkan data empiris;
c.       c. Memenuhi persyaratan mutu yang berlaku.

            Jenis klaim penggunaan sesuai dengan pembuktian tradisional dan tingkat pembuktiannya yaitu tingkat pembuktian umum dan medium. Jenis klaim penggunaan harus diawali dengan kata – kata : “Secara tradisional digunakan untuk …”, atau sesuai dengan yang disetujui pada pendaftaran. 

Logo Jamu :
Logo “Ranting daun terletak dalam lingkaran”, ditempatkan dibagian atas kiri dari wadah / pembungkus/brosur, dicetak warna hijau di atas dasar warna putih atau warna lain yang menyolok kontras dengan warna logo. Tulisan “Jamu” harus jelas dan mudah dibaca, dicetak dengan warna hitam di atas dasar warna putih atau warna lain yang menyolok kontras dengan tulisan “Jamu”. (Muhlis, 2011)
Logo jamu


·         Obat Herbal Terstandar (Scientific Based Herbal Medicine)
 
OHT adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik da bahan bakunya telah distandarisasi (BPOM, 2010). Sediaan yang memenuhi kriteria aman, klaim khasiat dibuktikan secara ilmiah, telah dilakukan standarisasi terhadap bahan baku yang dipergunakan dalam produk jadi, memenuhi persyaratan mutu yang berlaku. Klaim penggunaan sesuai dengan tingkat pembuktian yaitu tingkat pembuktian umum dan medium. (Sandhy, ED. 2008)

Kriteria :
1.      Aman sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan
2.      Klaim khasiat dibuktikan secara alamiah/praklinik
3.      Telah dilakukan standardisasi terhadap bahan baku yang digunakan dalam produk jadi (Humaidi, 2009)

Memenuhi persyaratan mutu yang berlaku. Jenis klaim penggunaan sesuai dengan tingkat pembuktian yaitu tingkat pembuktian umum dan medium.

Logo Obat Herbal Terstandar :
Logo Obat Herbal Terstandar harus mencantumkan logo dan tulisan “Obat Herbal Terstandar” . Logo berupa “Jari-jari Daun (3 Pasang) Terletak dalam lingkaran”, dan ditempatkan dibagian atas kiri wadah/pembungkus/brosur; dicetak warna hijau diatas dasar warna putih atau warna lain yang menyolok kontras dengan warna logo; tulisan “Obat Herbal Terstandar” harus jelas dan mudah dibaca, dicetak dengan warna hitam diatas dasar warna putih atau warna lain yang menyolok.(Muhlis, 2011)
Logo Obat Herbal Terstandar


·         Fitofarmaka  (Clinical based herbal medicine)
Fitofarmaka adalah sediaan dengan persyaratan aman, klaim khasiat berdasarkan uji klinis, telah dilakukan standarisasi terhadap bahan baku yang dipergunakan, dan memenuhi persyaratan mutu yang berlaku. Jenis klaim penggunaan sesuai dengan tingkat pembuktian medium dan tinggi. (Sandhy, ED. 2008) 

Fitofarmaka harus memenuhi kriteria :
a. Aman sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan;
b. Klaim khasiat harus dibuktikan berdasarkan uji klinik;
c. Telah dilakukan standarisasi terhadap bahan baku yang digunakan dalam produk jadi;
d. Memenuhi persyaratan mutu yang berlaku.

Jenis klaim penggunaan sesuai dengan tingkat pembuktian medium dan tinggi. Fitofarmaka harus mencantumkan logo dan tulisan “Fitofarmaka”

Logo Fitofarmaka:
Logo berupa “Jari-jari daun (yang kemudian membentuk bintang)”, dan ditempatkan pada bagian atas kiri dari wadah/pembungkus/brosur; dicetak warna hijau diatas dasar putih atau warna lain yang menyolok kontras dengan warna logo; tulisan “Fitofarmaka” harus jelas dan mudah dibaca, dicetak dengan warna hitam di atas dasar warna putih atau warna lain yang menyolok kontras dengan tulisan “Fitofarmaka”. (Muhlis, 2011)
Logo Fitofarmaka
 

Hoahooo~~
Ini dia contoh-contohnya, kumasukin sebagai foto aja ya? Tapi ini print screen-nya malah begini.. ==a
Hmm, yang penting masih bisa dibaca ya? ^0^

Heeaaahh~~
It`s a picture of herbal medicine sample ^^ Sorry for bad quality picture, I made it by print screen ==a
But I hope you all are still able to read it ^0^


________________________________________________________________________
 Sumber : http://www.wikimu.com dan http://muhlis3.wordpress.com./



Tidak ada komentar:

Posting Komentar